Rabu, 11 Maret 2015

Pantai Bobo di Jailolo

Pantai Bobo di Jailolo


Ø Desa Bobo
Desa Bobo adalah sebuah desa di Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Desa ini dapat dicapai dari teluk jailolo dengan naik angkutan pedesaan atau naik bentor (bendi motor). Penduduk Desa Bobo kebanyakan petani musiman. Mereka menanam cengkeh, pala, kelapa, dan pisang di lereng gunung jailolo yang subur.
Selain memiliki gunung jailolo, penduduk Desa Bobo juga memiliki pantai yang indah. Namanya Pantai Bobo. Saat laut surut, penduduk pergi ke pantai untuk mencari kima dan ikan yang terdampar di pantai karang.
Pemandangan Pantai Bobo sangat indah. Laut Maluku tampak bersih membiru. Gunung Gamalama di Ternate menjulang anggun, ditemani gunung  mungil Pulau Hiri. Pada sore hari , matahari turun perlahan-lahan , lalu bersembunyi di balik ombak laut Maluku yang seru .

Ø Air Panas
Pantai Bobo masih sangat alami. Disini, kita bisa menyusuri  pantai dengan tanpa alas kaki. Selain pantainya  bersih dan lembut, pasir di Pantai  Bobo juga terasa hangat karena pengaruh panas bumi dari perut Gunung Jailolo yang telah lama mati. Konon, panas bumi ini akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.
Selain terdapat banyak rembesan air hangat dari celah-celah tebing, di sini juga ada sumber air panas dan dibiarkan beberapa menit sampai matang.

Sayangnya, pantai yang terletak di ujung desa ini belum bisa di capai dengan kendaraan Dari ujung jalan aspal, kita harus berjalan kaki melewati kebun cengkeh dan kebun kelapa.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar