Selasa, 10 Maret 2015

Pencemaran Lingkungan

PENCEMARAN LINGKUNGAN
Salah satu contoh pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan disebabkan oleh limbah kegiatan manusia yang berperan sebagai pencemar lingkungan , walaupun ada yang disebabkan karena proses alam (misalnya dari letusan gunung berapi).Dengan bertambahnya penduduk dam meningkatnya kuantitas  dan kuantitas kebutuhan manusia, maka makin bertambahnya penduduk dan meningkat pula kuantitas dan kuantitas kebutuhan manusia di berbagia bidang. Akibtanya, limbah yang dihasilkan juga meningkat.  Limbah dalam jumlah dan volume saangat besar akan sulit diuraikan secara alami (non-degradable). Kondisi limbah yang nondegradable dan toksis berperan sebagai pencemar lingkungan.  Pencemaran lingkungan adalah sesuatu yang kehadirannya berpengaruh buruk pada lingkungan dan lingkungan mengalami penyimpangan. Oleh karena itu, salah satu indikator lingkungan yang tercemar adalah turunnya kualitas lingkungan sampai di luar batas kewajaran sebagai lingkungan hidup manusia .
Keanekaragaman kegiatan manusia menyebabkan beraneka ragam pula macam limbah yang dihasilkan. Atas dasar jenis kegiatan ada limbah permukiman, transportasi, jasa kesehatan (limbah rumah sakit), pasar, pertanian, industri , dan lain-lain. Atas dasar wujudnya ada limbah padat, cair, dan gas.
*       Masalah Pencemaran dan Dampaknya

Dampak pencemaran lingkungan sangat kompleks. Pencemaran dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan akhirnya terhadap manusia. Beberapa permasalahan pencemaran lingkungan air, darat , dan udara misalnya pembuangan limbah industry yang tidak tepat, penumpukan sampah padat non biodegrdable, pembuangan sisa pembakaran bahan bakar kendaraan dan industri , penggunaan pestisida dan pemupukan yang kurang tepat, pengunaan CFC, dan lain sebagainya. Berbagai aktivitas manusia dapat membawa dampak yang merusak lingkungan termasuk organisme di dalamya. Dampak itu antara lain gangguan keseimbangan alam, punah nya spesies, kesuburan tanah berkurang, keracunan dan penyakit, terbentuknya lubang ozom, efek rumah kaca, dan lain sebagainya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar